Senin, 10 November 2014

Cara Memunculkan/Mengembalikan Data Yang TerHidden Virus dengan Command Prompt (DOS)

Haha udh lama gk ngepost :D tutorial kali ini udh pada tau yah ? Gak apa”  lah toh saya cuma niat share aja bagi kalian yang belum tau. Memang kita semua sudah pada tahu penggunaan Komputer memang tak luput dari yang namanya Virus (bukan virus cinta) , salah satu dampak Virus komputer adalah membuat komputer kita menjadi error, hang atau jengkelnya lagi  data-data di Komputer kita menjadi tersembunyi (di sumputkeun).
Tak banyak Juga Antivirus” yg dapat memunculkan data yang disembunyikan/terhidden oleh virus tersebut dengan alasan karena database tidak ter-update dsb. Maka dari itu saya ingin memberitahu cara memunculkan data/folder yang terhidden oleh virus secara manual dengan menggunakan Command Prompt (DOS). Gampang kok saya jelasin di bawah secara gamblang :D

Cekidot :  ~sebagai contoh saya ingin mengembalikan data yang terhidden virus di flashdisk ~

  1. Pasang Flashdisk anda dan lihat Letter/ Drive di Flashdisk anda.
    klik gambar untuk memperbesar



  2. Setelah tahu drive flashdisk anda maka buka RUN dengan cara klik Start -> RUN atau bisa menekan shortcut (Windows + R) ketikan cmd tekan OK
    klik gambar untuk memperbesar
  3. Lalu pada jendela command prompt ketikan drive flashdisk anda, karena drive FD saya (I:) maka  tulis “i:” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter maka aktiflah drive (I:)
  4. Tanpa basa-basi ketikan kode berikut :
    • attrib –s –h –r *.* /s /d
    lebih jelasnya  :  attrib(spasi)-s(spasi)-h(spasi)-r(spasi)*.*(spasi)/s(spasi)/d
    tekan Enter
    klik gambar untuk memperbesar
    penjelasan :
    • attrib = attribut 
    • - (min) = unhide / munculkan data,  bisa juga memakai tanda + (plus) jika ingin menyembunyikan file/data, contoh = (attrib +s +h +r *.* /s /d)
    • -s = mengembalikan data dari system / supaya di kenal System/windows anda
    • -h = menampilkan file/data yang ter “hidden”
    • -r = menampilkan file /data read-only
    • *.* = format extension / kode untuk menampilkan suatu file tertentu (bisa diganti jika anda ingin mengembalikan file-file tertentu saja contohnya hanya ekstensi .mp4 maka kode di rubah menjadi *.mp4 dan seterusnya.
  5. Tunggu beberapa saat jangan dulu di close command prompt-nya dan lihat data di FD anda satu per satu akan kembali seperti semula (tekan refresh <F5>  berulang-ulang biar cepet).
  6. Setelah serasa data kembali normal tutup jendela command prompt dengan mengetikan exit pada jendela Command prompt atau di close langsung juga gak apa-apa lah haha :D . satu hal lagi tak jarang setelah data kembali normal biasanya virus meninggalkan duplicate berbentuk shortcut dengan nama yang sama dengan data anda, cara mengatasinya Delete Permanen saja shortcut tersebut dengan menekan (Shift+Delete) dan tekan Ok/Enter. Udah beres .. gampang kan … “selamat untuk anda” 
    klik gambar untuk memperbesar
 *cara ini bisa di lakukan di media penyimpanan yang lain seperti MemoryCard /Hardisk dsb. terima kasih semoga bermanfaat dan maaf apabila ada tutur kata yang salah. " piece " 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda